Rabu, 17 April 2013

PENENTUAN HARGA PERMINTAAN DAN PENAWARAN


PENENTUAN HARGA PERMINTAAN DAN PENAWARAN

 A. Pengertian Permintaan dan Penawaran
·         Permintaan adalah jumlah barang yang dibeli oleh konsumen dengan harga dan periode tertentu. Teori permintaan yaitu analisis dalam ilmu ekonomi yang menerangkan faktor-faktor yang menemukan permintaan, dan bagaimana faktor-faktor ini mempengaruhi keseimbangan. Kurva permintaan individual adalah suatu kurva yang menunjukkan jumlah-jumlah suatu barang untuk setiap satuan waktu oleh seorang konsumen yang ingin membeli pada berbagai harga satuan barang tersebut.

·         Penawaran adalah keadaan keseluruhan dari hubungan antara harga dan jumlah penawaran. Teori Penawaran yaitu analisis dalam ilmu ekonomi yang menerangkan faktor-faktor yang menentukan penawaran dan bagaimana faktor-faktor ini akan menentukan keseimbangan dan perubahan keseimbangan di pasar. Kurva penawaran adalah suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah yang ditawarkanprodusen/penjual.


 B. Hukum Permintaan dan Penawaran
·         Hukum permintaan yaitu suatu dalil/rumusan yang menerangkan ciri hubungan antara tingkat harga dan kuantitas barang yang diminta. Ciri hubungan tersebut adalah semakin tinggi harga, semakin sedikit kuantitas yang diminta. Secara grafk hubungan ini digambarkan oleh kurva permintaan.

·         Hukum penawaran yaitu suatu dalil/rumusan yang menerangkan ciri hubungan antara tingkat harga dan kuantitas barang yang ditawarkan. Ciri hubungan tersebut adalah semakin tinggi harga, semakin tinggi banyak kuantitas yang ditawarkan. Secara grafik hubungan ini digambarkan oleh kurva penawaran.



 C. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran
·         Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan :
a)  Harga barang itu sendiri
b)  Harga barang lain yang mempunyai kaitan erat dengan barang tersebut
c)  Pendapatan rumah tangga dan pendapatan rata-rata masyarakat
d)  Corak distribusi pendapatan dalam masyarakat
e)  Cita rasa masyarakat/selera konsumen
f)  Jumlah penduduk
g)  Ramalan mengenai keadaan di masa yang akan dating

·         Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran :
a)  Harga barang itu sendiri
b)  Harga barang lain yang mempunyai kaitan erat dengan barang tersebut
c)  Biaya produksi
d)  Tujuan perusahaan
e)  Tingkat teknologi yang digunakan

 D. Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran : Penentuan Harga Keseimbangan

            Harga keseimbangan atau harga ekuilibrium dalam ekonomi   adalah merupakan harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran. Terbentuknya harga dan    kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan    antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) di mana      kuantitas yang diminta dan      yang ditawarkan sama  besarnya.      Jika keseimbangan ini telah tercapai,     biasanya titik  keseimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi patokan pihak   pembeli dan pihak penjual dalam menentukan harga.

           Masalah harga berhubungan dengan barang ekonomis, sebab    barang ekonomis adanya langkah dan berguna dan untuk   memperolehnya   diperlukan pengorbanan uang dengan bantuan      harga. Harga adalah perwujudan nilai tukar atas suatu      barang/jasa yang dinyatakan uang. Oleh karena itu, harga      merupakan nilai tukar obyektif atas barang/jasa dan nilai      tukar obyektif itu sendiri adalah harga pasar    atau harga      keseimbangan. Harga pasar tidak terbentuk secara otomatis      akan tetapi melalui suatu proses mekanisme pasar yakni tarik     menarik antara kekuatan pembeli dengan permintaannya dan    kekuatan penjual dengan penawarannya.
           Berdasarkan pengertian tersebut maka harga keseimbangan    dapat diartikan harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran. Terbentuknya harga dan    kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil      kesepakatan     antara pembeli (konsumen) dan   penjual (produsen) di mana
     kuantitas yang diminta dan yang      ditawarkan sama      besarnya. Jika keseimbangan ini telah tercapai,     biasanya   titik      keseimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi patokan    pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan harga.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgHgb5MsFNu_WzOvFw3k_v6-KqBqSn9d_nYLsW-4L9a9Vt18qigsDA8RT7YB0yl1-0ZaTG7dFxjl70CZ4gc2UvaDFW0gCeULzokTgf4gQM8wbFENTfIy-AZRp4uEplQjwAyWiIACSC6wOJX/s320/Untitled.png


     Menentukan Keadaan Keseimbangan Dengan Matematik

           Keadaan keseimbangan dapat pula ditentukan secara    matematik, yaitu dengan memecahkan persamaan permintaan dan
     persamaan penawaran secara serentak atau simultan.
    
     CONTOH :
     Persamaan permintaan : Qd = 1.500 – 0,001 Pq
     Persamaan penawaran  : Qs = -100 + 0,001 Pq
     Syarat keseimbangan adalah permintaan sama dengan penawaran     atau Qd    = Qs.
    
     1.500 – 0,001 P = -100 + 0,001 Pq
     1.500 + 100 = 0,001 P + 0,001 Pq
     1.600 = 0,002 Pq
     Pq = 800.000 ( harga keseimbangan / harga pasar )




     SUMBER ;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar