Rabu, 17 April 2013

KEBERHASILAN KEPEMIMPINAN DALAM MENGELOLA ORGANISASI


KEBERHASILAN KEPEMIMPINAN DALAM MENGELOLA ORGANISASI

     Keberhasilan sebuah organisasi tidak bisa dilepaskan dari kepemimpinan seorang ketua atau kepala atau manajer atau apa pun namanya, yang memiliki keleluasaan dalam mengelola organisasi. Begitu pula dengan organisasi yang menangani dunia pendidikan (baca: organisasi sekolah). Keberhasilan sebuah sekolah sangat ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolahnya, keberhasilan kelas sangat ditentukan oleh kepemimpinan guru kelas, dan keberhasilan pembelajaran sangat ditentukan oleh kepemimpinan guru dalam mengelola proses pembelajaran. Ya, kepala sekolah, guru kelas, dan guru mata pelajaran adalah pemimpin di dunia pendidikan.
     Tulisan ini akan membicarakan pentingnya seorang pemimpin pendidikan, peranannya, dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai keberhasilan di bidang yang dipimpinnya. Tentu saja, kita harus menempatkan diri kita di dalam lingkungan kita masing-masing agar kita mendapatkan manfaat terbaik dari membaca tulisan ini. Bagi kepala sekolah atau guru kelas atau guru mata pelajaran tidak ada bedanya. Masing-masing punya tanggung jawab untuk mencapai keberhasilan. Hanya, cakupannya saja yang berbeda. Memang tidak ada jaminan bahwa kalau pemimmpinnya baik organisasinya pasti baik. Pemimpin yang baik akan berfungsi dengan baik jika didukung oleh anggota yang baik. Begitu pula anggota yang baik akan berfungsi dengan baik jika dipimpin oleh pemimpin yang baik. Namun, siapa yang paling bertanggung jawab terhadap kebaikan organisasi? Tentunya seorang pemimpin, bukan? Adalah menjadi kewajiban seorang pemimpin untuk memotivasi, menginspirasi, mengajak, membujuk, bahkan mendidik agar orang-orang yang dipimpinnya itu menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik, sehingga tujuan organisasi tercapai. Ya, TUJUAN organisasi.     
     Keberhasilan sebuah organisasi bisa diukur dari ketercapaian tujuan yang telah ditetapkan sesuai standar yang berlaku. Di sekolah, misalnya, ada kurikulum, ada standar-standar tertentu yang ditetapkan pemerintah, dan ada TARGET yang ingin dicapai. Itulah yang harus dipenuhi dan dicapai oleh sekolah di bawah kepemimpinan seorang kepala sekolah. Di kelas, guru menentukan target bersama murid-muridnya, bahwa kelas ini harus menguasai materi pelajaran minimal 80% bagi setiap siswa. Guru merancang pembelajaran yang memungkinkan siswa mencapai target tersebut dengan mudah, dan karenanya dia menyediakan semua fasilitas yang dibutuhkan untuk berhasilnya proses pembelajaran di kelasnya itu. Berikut adalah langkah-langkah penting yang perlu dilakukan oleh seorang pemimpin untuk bersama-sama anggota organisasi mencapai tujuan yang diinginkan:
o   Melakukan analisis kebutuhan organisasi untuk mencapai tujuan;
o   Mengenali potensi anggota organisasi;
o   Menyusun rencana kerja untuk mencapai tujuan;
o   Menyediakan fasilitas yang dibutuhkan agar tujuan tercapai secara optimal;
o   Membagi tugas pencapaian tujuan organisasi kepada anggota organisasi (siapa melakukan apa), lengkap dengan deskripsi tugas yang jelas;
o   Memastikan bahwa tugas yang diberikan kepada anggota organisasi tersebut dilaksanakan dengan benar dan penuh rasa tanggung jawab;
o   Melakukan pengawasan atas pelaksanaan tugas oleh anggota organisasi;
o   Memberikan penghargaan dan sanksi secara efektif. Memang ada banyak model kepemimpinan. Namun masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin adalah mengambil yang terbaik dari setiap model dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, sesuai situasi yang dihadapi.



SUMBER ;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar