KEBERHASILAN KEPEMIMPINAN
DALAM MENGELOLA ORGANISASI
Keberhasilan
sebuah organisasi tidak bisa dilepaskan dari kepemimpinan seorang ketua atau
kepala atau manajer atau apa pun namanya, yang memiliki keleluasaan dalam
mengelola organisasi. Begitu pula dengan organisasi yang menangani dunia
pendidikan (baca: organisasi sekolah). Keberhasilan sebuah sekolah sangat
ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolahnya, keberhasilan kelas sangat
ditentukan oleh kepemimpinan guru kelas, dan keberhasilan pembelajaran sangat
ditentukan oleh kepemimpinan guru dalam mengelola proses pembelajaran. Ya,
kepala sekolah, guru kelas, dan guru mata pelajaran adalah pemimpin di dunia
pendidikan.
Tulisan
ini akan membicarakan pentingnya seorang pemimpin pendidikan, peranannya, dan
apa yang harus dilakukan untuk mencapai keberhasilan di bidang yang
dipimpinnya. Tentu saja, kita harus menempatkan diri kita di dalam lingkungan
kita masing-masing agar kita mendapatkan manfaat terbaik dari membaca tulisan
ini. Bagi kepala sekolah atau guru kelas atau guru mata pelajaran tidak ada
bedanya. Masing-masing punya tanggung jawab untuk mencapai keberhasilan. Hanya,
cakupannya saja yang berbeda. Memang tidak ada jaminan bahwa kalau pemimmpinnya
baik organisasinya pasti baik. Pemimpin yang baik akan berfungsi dengan baik
jika didukung oleh anggota yang baik. Begitu pula anggota yang baik akan
berfungsi dengan baik jika dipimpin oleh pemimpin yang baik. Namun, siapa yang
paling bertanggung jawab terhadap kebaikan organisasi? Tentunya seorang
pemimpin, bukan? Adalah menjadi kewajiban seorang pemimpin untuk memotivasi,
menginspirasi, mengajak, membujuk, bahkan mendidik agar orang-orang yang
dipimpinnya itu menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik, sehingga
tujuan organisasi tercapai. Ya, TUJUAN organisasi.
Keberhasilan
sebuah organisasi bisa diukur dari ketercapaian tujuan yang telah ditetapkan
sesuai standar yang berlaku. Di sekolah, misalnya, ada kurikulum, ada
standar-standar tertentu yang ditetapkan pemerintah, dan ada TARGET yang ingin
dicapai. Itulah yang harus dipenuhi dan dicapai oleh sekolah di bawah
kepemimpinan seorang kepala sekolah. Di kelas, guru menentukan target bersama
murid-muridnya, bahwa kelas ini harus menguasai materi pelajaran minimal 80%
bagi setiap siswa. Guru merancang pembelajaran yang memungkinkan siswa mencapai
target tersebut dengan mudah, dan karenanya dia menyediakan semua fasilitas
yang dibutuhkan untuk berhasilnya proses pembelajaran di kelasnya itu. Berikut
adalah langkah-langkah penting yang perlu dilakukan oleh seorang pemimpin untuk
bersama-sama anggota organisasi mencapai tujuan yang diinginkan:
o
Melakukan analisis kebutuhan organisasi untuk mencapai
tujuan;
o
Mengenali potensi anggota organisasi;
o
Menyusun rencana kerja untuk mencapai tujuan;
o
Menyediakan fasilitas yang dibutuhkan agar tujuan
tercapai secara optimal;
o
Membagi tugas pencapaian tujuan organisasi kepada anggota
organisasi (siapa melakukan apa), lengkap dengan deskripsi tugas yang jelas;
o
Memastikan bahwa tugas yang diberikan kepada anggota
organisasi tersebut dilaksanakan dengan benar dan penuh rasa tanggung jawab;
o
Melakukan pengawasan atas pelaksanaan tugas oleh anggota
organisasi;
o
Memberikan penghargaan dan sanksi secara efektif. Memang
ada banyak model kepemimpinan. Namun masing-masing memiliki kelebihan dan
kekurangan. Yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin adalah mengambil yang
terbaik dari setiap model dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, sesuai
situasi yang dihadapi.
SUMBER ;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar