SOAL
ESSAI
1.
Sebutkan beberapa ciri-ciri (min.5) dari
pengembangan organisasi !
Jawaban
;
a) Bahwa
pengembangan organisasi merupakan suatu usaha yang dilakukan secara berencana.
Hal ini berarti pengembangan organisasi meliputi penetapan tujuan, perencanaan,
pengendalian dan pengambilan tindakan.
b) Pengembangan
organisasi mencerminkan suatu proses yang berlangsung secara terus-menerus
setiap kali timbul perkembangan keadaan yang membutuhkan.
c) Pengembangan
organisasi berorientasi kepada masalah atau persoalan organisasi yang harus
dipecahkan. Dengan kata lain pengembangan organisasi merupakan usaha pemecahan
persoalan atau masalah yang timbul dalam organisasi.
d) Pengembangan
organisasi merupakan kegiatan yang menerapkan asas-asas dan praktek perilaku.
e) Pengembangan
organisasi merupakan usaha kearah penyempurnaan organisasi.
f) Pengembangan
organisasi merupakan tanggapan terhadap berbagai perubahan yang terjadi di luar
organisasi.
g) Pengembangan
organisasi merupakan usaha untuk menyesuaikan dengan hal-hal yang baru.
h) Pengembangan
organisasi merupakan usaha penyempurnaan yang dilakukan oleh pimpinan organisasi,
atau melalui bantuan para ahli atau spesialis, atau ahli pengembangan
organisasi (ahli OD).
i)
Pengembangan organisasi merupakan fungsi
administrasi atau fungsi administrator, atau manajer yang mempunyai kedudukan
tinggi.
j)
Pengembangan organisasi merupakan teknik
manajemen (management technique) yang
dipergunakan untuk menghadapi masalah atau persoalan tertentu.
k) Pengembangan
organisasi merupakan bagian integral daripada fungsi organizing, yang merupakan
salah satu fungsi organic administrasi dan manajemen.
l)
Pengembangan organisasi, disamping
berorientasi persoalan, juga berorientasi kemajuan. Hal ini berarti tekanan
yang diutamakan oleh pengembangan organisasi adalah kemajuan.
2. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan pengembangan organisasi sebagai fungsi administrator
dan pengembangan organisasi sebagai fungsi spesialis !
Jawaban
;
·
Pengembangan organisasi sebagai fungsi
administrasi atau sebagai fungsi admistrator adalah kegiatan yang merupakan
fungsi dan kewajiban daripada administrasi untuk selalu mengembangkan dan
menyesuaikan organisasi kepada perkembangan tugas pokok, kepada perkembangan
keadaan lingkungan, kepada kemajuan teknologi yang dipergunakan, kepada
kemajuan personil serta produktivitas.
·
Pengembangan organisasi sabagai fungsi
spesialis (specialist function) atau
sebagai teknik manajemen (menegement
technique) merupakan suatu strategi pendidikan yang kompleks yang bertujuan
mengubah kepercayaan, sikap mental, nilai dan struktur daripada organisasi
untuk menyesuaikan diri dengan perubahan teknologi, lingkungan serta
tantangan-tantangannya.
3. Tuliskan
pengertian Pengembangan Organisasi menurut Sutarto(1984) !
Jawaban
;
Sutarto
(1984;357) memberikan kesimpulan bahwa pengembangan organisasi adalah rangkaian
kegiatan penataan dan penyempurnaan yang dilakukan secara berencana dan
terus-menerus guna memecahkan masalah-masalah yang timbul sebagai akibat dari
adanya perubahan sehingga organisasi dapat mengatasi serta menyesuaikan diri
dengan perubahan dengan menerapkan ilmu perilaku yang dilakukan oleh pejabat dalam
organisasi sendiri atau dengan bantuan dari luar organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar