Senin, 07 Januari 2013

PENGEMBANGAN ORGANISASI III


2.2              Ciri-ciri Pengembangan Organisasi
                    Berdasarkan pengertian di depan dapat diketahui bahwa pengembangan organisasi mempunyai beberapa cirri sabagai berikut :
    1. Bahwa pengembangan organisasi merupakan suatu usaha yang dilakukan secara berencana. Hal ini berarti pengembangan organisasi meliputi penetapan tujuan, perencanaan, pengendalian dan pengambilan tindakan.
    2. Pengembangan organisasi mencerminkan suatu proses yang berlangsung secara terus-menerus setiap kali timbul perkembangan keadaan yang membutuhkan.
    3. Pengembangan organisasi berorientasi kepada masalah atau persoalan organisasi yang harus dipecahkan. Dengan kata lain pengembangan organisasi merupakan usaha pemecahan persoalan atau masalah yang timbul dalam organisasi.
    4. Pengembangan organisasi merupakan kegiatan yang menerapkan asas-asas dan praktek perilaku.
    5. Pengembangan organisasi merupakan usaha kea rah penyempurnaan organisasi.
    6. Pengembangan organisasi merupakan tanggapan terhadap berbagai perubahan yang terjadi di luar organisasi.
    7. Pengembangan organisasi merupakan usaha untuk menyesuaikan dengan hal-hal yang baru.
    8. Pengembangan organisasi merupakan usaha penyempurnaan yang dilakukan oleh pimpinan organisasi, atau melalui bantuan para ahli atau spesialis, atau ahli pengembangan organisasi (ahli OD).
    9. Pengembangan organisasi merupakan fungsi administrasi atau fungsi administrator, atau manajer yang mempunyai kedudukan tinggi.
    10. Pengembangan organisasi merupakan teknik manajemen (management technique) yang dipergunakan untuk menghadapi masalah atau persoalan tertentu.
    11. Pengembangan organisasi merupakan bagian integral daripada fungsi organizing, yang merupakan salah satu fungsi organic administrasi dan manajemen.
    12. Pengembangan organisasi, disamping berorientasi persoalan, juga berorientasi kemajuan. Hal ini berarti tekanan yang diutamakan oleh pengembangan organisasi adalah kemajuan.
Ciri pengembangan organisasi seperi tersebut di atas menunjukkan bahwa para manajer yang melaksanakan program pengembangan organisasi mempunyai    tugas untuk melakukan perubahan yang mendasar dalam perilaku keorganisasian.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar