Rabu, 22 Mei 2013

PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI


Peran Komunikasi dalam Organisasi

            Komunikasi berasal dari bahasa latin communication, yang artinya sama. Maksudnya adalah komunikasi dapat terjadi apabila terdapat kesamaan makna mengenai suatu pesan yang disampaikan oleh komunikator dan diterima oleh komunikan. Salah satu tujuan komunikasi adalah mengubah sikap dan perilaku seseorang ataupun sekelompok orang sebagaimana yang dikehendaki komunikator,agar isi pesan yang disampaikan dapat dimengerti, diyakini serta pada tahap selanjutnya.
            Organisasi adalah sekelompok masyarakat kecil yang saling bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan.
            Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi untuk mencapai tujuan.
            Peran komunikasi dalam organisasi adalah komunikasi di suatu organisasi yang dilakukan pimpinan, baik dengan para anggota maupun dengan khalayak yang ada kaitannya dengan organisasi, untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi. Dalam organisasi sering mempunyai masalah yang tidak efektif mengenai komunikasi. Padahal komunikasi yang efektif sangat penting bagi organisasi, paling tidak ada dua alas an mengenai peran organisasi dalam berkomunikasi. pertama, komunikasi adalah proses melalui fungsi-fungsinya, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dapat dicapai. kedua, komunikasi adalah kegiatan dimana para kelompok mencurahkan sebagian besar proporsi waktu mereka. Proses Komunikasi memungkinkan organisasi untuk melaksanakan tugas-tugas mereka. Informasi harus dikomunikasikan kepada anggota agar mereka mempunyai dasar perencanaan, agar rencana-rencana itu dapat dilaksanakan. Pengorganisasian memerlukan komunikasi dengan anggota tentang penugasan mereka. Pengarahan mengharuskan ketua organisasi untuk berkomunikasi dengan anggota agar tujuan kelompok dan peran organisasi dapat tercapai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar