Kamis, 09 Oktober 2014

TUGAS 1 - TELEMATIKA DAN ARAH PERKEMBANGANNYA DI MASA DEPAN

TUGAS 1
TEMA  : TELEMATIKA DAN ARAH PERKEMBANGANNYA DI MASA DEPAN

TELEMATIKA
Kata Telematika berasal dari bahasa Perancis “TELEMATIQUE” yang berarti bertemunya system jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Istilah telematika merujuk pada cyberspace sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi, media dan informatika. Istilah Teknologi Informasi itu sendiri merujuk pada perkembangan teknologi perangkat-perangkat pengolah informasi. Para praktisi menyatakan bahwa TELEMATICS adalah singkatan dari TELECOMMUNICATION and INFORMATICS sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah Telematics juga dikenal sebagai (the new hybrid technology) yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu atau populer dengan istilah konvergensi.

Manfaat Telematika
·         Memberikan Informasi yang terupdate sekarang ini
·         Memudahkan dalam berbagai Informasi dengan cepat sesuai perkembangan jaman
·         Berkomunikasi jarak jauh
·         Mendapatkan Informasi dan pembelajaran tentang apa yang kita mau
·         Penghematan biaya dan transportasi

Perkembangan Telematika dalam Teknologi Informasi
Perkembangan telematika sangat erat kaitannya dengan jaringan yang terhubung diawali pada tahun 1962, ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat melakukan riset penggunaan teknologi komputer untuk kepentingan pertahanan udara Amerika Serikat. Melalui lembaga risetnya yaitu Advanced Research Project Agency (ARPA) menugasi the New Information Processing Techniques Office (IPTO), yaitu suatu lembaga yang diberi tugas untuk melanjutkan riset penggunaan teknologi komputer di bidang pertahanan udara. Lalu Pada tahun 1969 Departement Pertahanan Amerika Serikat menemukan sebuah teknologi yang esensinya memadukan teknologi telekomunikasi dengan komputer yang dikenal dengaan nama ARPANet (Advanced Research Projects Agency Network) yaitu system jaringan melalui hubungan antar komputer di daerah-daerah vital dalam rangka mengatasi masalah jika terjadi serangan nuklir.
Dengan dirintis oleh beberapa orang yang berdedikasi pada dunia akademisi, pengenalan dunia telematika mulai dilakukan seiring berkembangnya situasi politik dan ekonomi. Baik dukungan pemerintah di Indonesia serta pengaruh luar negeri, keduanya mengambil peranan penting dalam perkembangan telematika disamping ketertarikan masyarakat dalam membutuhkan teknologi. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa telematika merupakan teknologi komunikasi jarak jauh, yang menyampaikan informasi satu arah, maupun timbal balik, dengan sistem digital. Berikut merupakan contoh dari beberapa penggunaan telematika dalam bidang komputer atau teknologi informasi:  
ü  E-mail (Electronic Mail)
Dengan aplikasi sederhana seperti email maka seseorang yang berada di suatu tempat dapat tetap berkomunikasi dengan orang lain pada tempat lain. Selain itu, dengan email, orang dapat mengirimkan berbagai informasi yang cukup banyak, yang tidak mungkin dapat dilakukan dengan media komunikasi yang lain.
ü  E-commerce (Electronic commerce atauPerdagangan elektronik)
Adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
ü  E-banking
Adalah transaksi keuangan antara personal / perorangan dengan organisasi lainnya dan juga dengan bank yang berkaitan tanpa adanya uang fisik yang terlibat. 

Trend atau Arah Perkembangan Telematika di masa yang akan datang
Trend telematika sendiri ke depannya akan sangat berkembang dengan pesat, dunia digital akan semakin berkembang dengan munculnya banyak alat-alat baru pembantu pekerjaan manusia seperti hadirnya ponsel-ponsel pintar, tablet-tablet pesaing komputer hingga robot-robot canggih yang mulai menggeser beberapa lapak kerja manusia. Di masa depan manusia akan ketergantungan dengan ponsel, tablet dan segenap alat-alat canggih lainnya dan mungkin saja manusia akan berdampingan dengan robot nantinya.
Kesimpulannya adalah Telematika dan trend perkembangannya merupakan suatu kemajuan untuk mempermudah manusia tetapi juga dapat merugikan manusia karena hampir semua kegiatan yang biasa dilakukanoleh manusia saat ini dapat dengan mudah diambil alih oleh teknologi. untuk itu manusia dituntut untuk dapat perkembang baik secara logika maupun pola pikir untuk kedepannya agar dapat bersaing dengan tekonologi atau manusia lainnya.

SUMBER ;


Tidak ada komentar:

Posting Komentar