Jumat, 18 Oktober 2013

TUGAS 2 BAHASA INDONESIA

Ketahui Bakat untuk Masa Depan

            Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hanya kita sendiri yang dapat menilai dimana kelebihan dan kekurangan kita. Apabila kita tidak dapat mengetahuinya, penilaian dari orang lain juga bisa kita gunakan sebagai media untuk mengetahuinya. Atau bisa juga melalui media lain, contohnya seperti menggunakan psikotes.
            Orang yang memiliki kelebihan tertentu dalam bidang tertentu dapat kita kategorikan sebagai orang yang berbakat di bidang tersebut. Banyak berbagai macam bidang bakat yang bisa kita ketahui, ada seni, olahraga, dan bahkan berbicara pun bisa dikatakan sebagai bakat. Tetapi karena kita sekarang ini masih muda, mungkin masih sulit mengukur dimana bakat terpendam kita.
            Salah satu tim pensurvei dari Koran Indopos yaitu tim Xpresi melakukan sebuah riset ke sekolah-sekolah yang berada di sekitaran Jakarta. Dari hasil survey yang terkumpul, ternyata 58% responden mengaku sudah mengetahui tentang bakat di dalam dirinya dan sisanya 42% responden mengaku belum mengetahui bakatnya. Karena jika kita sudah mengetahuinya sejak dini kita akan lebih bisa mengasah bakat kita karena kita sudah mengerti bagaimana cara untuk mengasahnya.
            Terkadang bakat tidak usah untuk dicari. Dengan seringnya melakukan sesuatu, bakat yang ada di dalam diri kita akan terasah sendiri. Bagaimana cara kita untuk mengetahuinya. Sebanyak 40% responden sudah mengetahui bakatnya karena sering menjalankannya, 34% responden mengetahui bakatnya karena diberi tahu oleh orang lain dan 26% responden mengetahui bakatnya karena memiliki kemampuan yang lebih dibidang yang digemarinya.

            Bakat yang kita miliki sebenarnya bisa dinilai dari hobi kita. Sebanyak 38% memilih musik sebagai hobinya dan 26%nya di bidang seni. Kemudian 22% di bidang olahraga dan 14% di bidang ilmiah. Jika kita sudah mengetahui dalam apa bidang kita, kita harus sudah mulai untuk mengasahnya. Sebanyak 49% responden mengaku akan terus mengasah bakatnya, 38% responden akan menjadikan bakatnya agar bisa dijadikan profesi, 5% responden akan mencari bakat yang lain, dan sisanya 8% responden akan tetap menjalani aktifitasnya saja. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan bakat kita agar bisa berguna untuk kehidupan kita di masa yang akan datang. Bagi yang belum mengetahui bakatnya, harus segera mulai untuk mentekuni hobi yang disuka saat ini agar bisa menjadi bakat tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar